A.
Pengertian
Tugas-tugas Perkembangan
Menurut Robert
J. Havighust (Hurloc, 1990), mengatakan bahwa tugas perkembangan remaja adalah
tugas yang muncul pada saat atau sekitar suatu periode tertentu dari kehidupan
individu dan jika berhasil akan menimbukkan fase bahagia serta membawa
keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas berikutnya.
Tujuan
tugas-tugas perkembangan bagi individu adalah :
1. Sebagai
petunjuk untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat dari mereka pada
usia-usia tertentu.
2. Memberikan
motivasi.
3. Memberikan
petunjuk.
B.
Jenis
Tugas-tugas perkembangan Remaja
Menurut
Havighurst (Hurloc, 1990), menyatakan bahwa tugas-tugas perkRembangan remaja
yang harus diselesaikan dengan baik, yaitu sebagai berikut :
1. Mencapai
hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita.
2. Mencapai
peran sosial pria dan wanita.
3. Menerima
keadaan fisiknya dan menggunakannya secara efektif.
4. Mencari
kemandirian emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya.
5. Mencapai
jaminan kebebasan ekonomis.
6. Memilih
dan menyiapkan lapangan kerja.
7. Mempersiapkan
untuk memasuki kehidupan berkeluarga.
8. Mengembangkan
keterampilan intelektual dan konsep yang penting untuk kompetensi kewarganegaraan.
9. Mencapai
dan mengharapkan tingkah laku sosial yang bertanggung jawab.
10. Memperoleh
suatu himpunan nilai-nilai dan sistem etika sebagai pedoman tingkah laku.
C.
Tugas
Perkembangan Remaja Berkenaan Dengan Kehidupan Keluarga
Secara teoretis,
masa remaja dibagi menjadi dua fase, yaitu pubertas dan adolesens. Pada fase
pubertas menerbitkan pada perkembangan fisik dan seksual, serta pengaruhnya
terhadap gejala-gejala psikososial. Sedangkan pada fase Adolasens menerbitkan
ada aspek-aspek, nilai-nilai, moral, pandangan hidup dan hubungan
kemayarakatan. (Siti Rahayu Haditono,
1991).
Unsur-unsur
utama yang paling penting bagi kebahagiaan perkawinan yaitu :
a. Penyesuaian
dengan pasangan,
b. Penyesuaian
seksual,
c. Penyesuaian
keuangan, dan
d. Penyesuaian
dengan pihak keluarga masing-masing.
Kriteria keberhasilan penyesuaian kehidupan
berkeluarga dan perkawinan, yaitu :
1. Kebahagiaan
pasangan suami-istri,
2. Hubungan
yang baik antara anak dan orang tua,
3. Penyesuaian
yang baik dari anak-anak,
4. Kemampuan
untuk memperoleh kepuasan dari perbedaan pendapat,
5. Kebersamaan,
6. Penyesuai
yang baik dalam masalah keuangan, dan
7. Penyesuaian
yang baik dari pihak keluarga pasangan.
D.
Implementasi
Tugas-tugas Perkembangan Remaja Bagi pendidikan
Implikasi
penting bagi penyelenggaraan pendidikan dalam rangka membantu tugas-tugas
perkembangan remaja, yaitu :
1. Sekolah
dan Perguruan Tinggi perlu memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan-kegiatan
non akademik melalui berbagai perkumpulan.
2. Apabila
ada remaja putra atau putri bertingkah laku tidak sesuai jenis kelaminnya,
mereka perlu dibantu melalui Bimbingan dan Konseling.
3. Siswa
yang lambat perkembangan jasmaninya diberi kesempatan berlomba dalam kegiatan
kelompoknya sendiri.
4. Pemberian
bantuan kepada siswa untuk memilih lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat
dan keinginannya, sesuai dengan sistem kemasyarakatan yang dianutnya dan
membantu siswa mendapatkan pendidikan yang bermanfaat untuk mempersiapkan diri
memasuki pekerjaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar