Senin, 02 Juli 2012

TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA


 
A.    Pengertian Tugas-tugas Perkembangan
Menurut Robert J. Havighust (Hurloc, 1990), mengatakan bahwa tugas perkembangan remaja adalah tugas yang muncul pada saat atau sekitar suatu periode tertentu dari kehidupan individu dan jika berhasil akan menimbukkan fase bahagia serta membawa keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas berikutnya.
Tujuan tugas-tugas perkembangan bagi individu adalah :
1.      Sebagai petunjuk untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat dari mereka pada usia-usia tertentu.
2.      Memberikan motivasi.
3.      Memberikan petunjuk.

B.     Jenis Tugas-tugas perkembangan Remaja
Menurut Havighurst (Hurloc, 1990), menyatakan bahwa tugas-tugas perkRembangan remaja yang harus diselesaikan dengan baik, yaitu sebagai berikut :
1.      Mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita.
2.      Mencapai peran sosial pria dan wanita.
3.      Menerima keadaan fisiknya dan menggunakannya secara efektif.
4.      Mencari kemandirian emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya.
5.      Mencapai jaminan kebebasan ekonomis.
6.      Memilih dan menyiapkan lapangan kerja.
7.      Mempersiapkan untuk memasuki kehidupan berkeluarga.
8.      Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep yang penting untuk kompetensi kewarganegaraan.
9.      Mencapai dan mengharapkan tingkah laku sosial yang bertanggung jawab.
10.  Memperoleh suatu himpunan nilai-nilai dan sistem etika sebagai pedoman tingkah laku.

C.    Tugas Perkembangan Remaja Berkenaan Dengan Kehidupan Keluarga
Secara teoretis, masa remaja dibagi menjadi dua fase, yaitu pubertas dan adolesens. Pada fase pubertas menerbitkan pada perkembangan fisik dan seksual, serta pengaruhnya terhadap gejala-gejala psikososial. Sedangkan pada fase Adolasens menerbitkan ada aspek-aspek, nilai-nilai, moral, pandangan hidup dan hubungan kemayarakatan. (Siti Rahayu Haditono, 1991).
Unsur-unsur utama yang paling penting bagi kebahagiaan perkawinan yaitu :
a.       Penyesuaian dengan pasangan,
b.      Penyesuaian seksual,
c.       Penyesuaian keuangan, dan
d.      Penyesuaian dengan pihak keluarga masing-masing.
Kriteria keberhasilan penyesuaian kehidupan berkeluarga dan perkawinan, yaitu :
1.      Kebahagiaan pasangan suami-istri,
2.      Hubungan yang baik antara anak dan orang tua,
3.      Penyesuaian yang baik dari anak-anak,
4.      Kemampuan untuk memperoleh kepuasan dari perbedaan pendapat,
5.      Kebersamaan,
6.      Penyesuai yang baik dalam masalah keuangan, dan
7.      Penyesuaian yang baik dari pihak keluarga pasangan.
                 
D.    Implementasi Tugas-tugas Perkembangan Remaja Bagi pendidikan
Implikasi penting bagi penyelenggaraan pendidikan dalam rangka membantu tugas-tugas perkembangan remaja, yaitu :
1.      Sekolah dan Perguruan Tinggi perlu memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan-kegiatan non akademik melalui berbagai perkumpulan.
2.      Apabila ada remaja putra atau putri bertingkah laku tidak sesuai jenis kelaminnya, mereka perlu dibantu melalui Bimbingan dan Konseling.
3.      Siswa yang lambat perkembangan jasmaninya diberi kesempatan berlomba dalam kegiatan kelompoknya sendiri.
4.      Pemberian bantuan kepada siswa untuk memilih lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keinginannya, sesuai dengan sistem kemasyarakatan yang dianutnya dan membantu siswa mendapatkan pendidikan yang bermanfaat untuk mempersiapkan diri memasuki pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar